Membuat Shoutmix buat Visitor

kebutuhan akan traffic adalah salah satu hal yang sangat fundamental jika berbisnis di lahan PPC. Asumsinya adalah semakin banyak traffic maka akan semakin besar pula peluang mendapatkan penghasilan. Meski demikian, perlu diingat bahwa traffic yang bersifat permanen (seo, baclinks, fresh content) adalah yang paling disarankan. Namun tidak ada salahnya sembari menunggu traffic permanen yang sedang dikerjakan, kita mencari traffic-traffic lain dari celah-celah kecil yang ternyata mampu meningkatkan jumlah visitor dalam jumlah yang cukup lumayan.

Salah satu trik nya adalah dengan memanfaatkan Shoutmix dari blog-blog yang relevan. Bingung? Jangan dulu. Orang saya belum mulai pembahasannya. Hehe.

Shoutmix adalah sebuah layanan shoutbox gratis yang cukup populer di internet. Shoutbox yang terpasang (di blog/web statis) memperbolehkan setiap visitornya untuk meninggalkan pesan dan link secara real time dan gratis. Seperti buku tamu, pesan-pesan tersebut nantinya langsung bisa dibaca oleh pengunjung-pengunjung lain selain sang pemilik blog itu sendiri. Intinya, shoutbox berfungsi sebagai wadah chat (interaksi) antara pemilik blog dengan visitor atau antara sesama visitor.

Cara paling mudah untuk menemukan blog yang memasang shoumix adalah dengan mencarinya melalui Google. Gunakan keyword : Free Shoutbox @ Shoutmix “Relevan”

Silahkan ganti relevan dengan niche blog kamu, misalnya “travel”, ”education”, “music” dan sebagainya. Semakin detail akan semakin baik, misalnya “travel paris”, “college exam”, “the beatles” dsb. Berdasarkan hasil pengamatan saya, ada sekitar 64.200 buah blog yang ter-index menggunakan keyword relevan “travel” dan hanya ada sekitar 14 buah blog yang terindex menggunakan keyword relevan “travel london”. Silahkan kamu coba-coba sendiri untuk mencarinya sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan.

Selanjutnya, masuklah ke blog-blog ber-shoutbox yang sudah kamu temukan tersebut untuk meninggalkan pesan di shoutbox-nya. Pesan yang kamu tuliskan sebaiknya tidak melulu berisi promosi saja seperti “please visit me..”/”click here..” dst. Saran saya, tinggalkanlah pesan yang baik dan simpatik. Kamu juga bisa memberikan sapaan/pujian tapi tetap dengan embel-embel agar yang membaca tertarik untuk mengunjungi situs kamu.

Contohnya adalah : “Hi there, your blog is great. Find some related topic on my blog too” dan sebagainya. Cara ini sudah saya coba dan terbukti mendatangkan banyak traffic. Silahkan cari kata-kata “manis” yang lain, kombinasikan antara pujian, sapaan dan ajakan.

Perbedaan trik ini dibandingkan dengan meninggalkan comment adalah kita tidak perlu menunggu approval dari si empunya blog. Kita juga bisa meninggalkan pesan yang sama kepada setiap blog. Bandingkan dengan cara meninggalkan comment di blog (pernah ditulis oleh Bang Cosa, tulisannya ada disini) yang membutuhkan approval. Selain itu, kita akan dianggap spam jika meninggalkan comment yang sama di lebih dari satu blog. Tapi trik meninggalkan pesan di shoutbox ini memiliki kelemahan karena pesan dan link blog kita tidak akan dikenal sebagai backlinks karena pesan tersebut hanya akan berada di dalam sistem shoutbox (tapi ga apalah, wong namanya juga haus traffic .. hehe).

Sebagai informasi, saya mendapatkan tambahan pengunjung sebanyak 40-50 visitor setiap hari hanya dengan menuliskan pesan di 10-15 shoutbox dua hari sekali.

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.